• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fatar@iainmadura.ac.id

PROFESIONALISME DAN ETIKA PROFETIK GURU PAI SEBAGAI PENGGERAK KEMAJUAN UMAT


Program Studi Pendidikan Agama Islam menyelenggarakan kuliah tamu kedua yang bertempat di Auditorium IAIN Madura pada hari Rabu, 25 September 2019. Tema yang dikaji ialah “Meneguhkan Profesionalisme Guru PAI sebagai Penggerak Kemajuan Umat Berbasis Nilai Profetik”, dengan menghadirkan narasumber Bapak H. Moh. Faizin, M.Pd.I selaku Kaprodi PAI FTK (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan kuliah tamu ini dikhususkan bagi mahasiswa Prodi PAI semester V.


 Sambutan perdana disampaikan oleh Kaprodi PAI IAIN Madura, Ibu Muliatul Maghfiroh, M.Pd.I. Beliau menyampaikan bahwa kuliah tamu yang kedua ini diadakan khusus mahasiswa Prodi PAI semester V agar bisa menjadi bekal dalam menjalankan tugas sebagai guru yang diawali nanti dengan kegiatan PM2.


 Warek I, yakni Bapak Dr. H. Nor Hasan, M.Ag. menambahkan pada sambutan berikutnya ialah selain tujuan diselenggarakannya kuliah tamu ini untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, Prodi PAI juga ingin memperkenalkan bahwa tanggung jawab guru PAI ialah sebagai penggerak kemajuan umat Islam berbasis nilai profetik melalui proses pendidikan.


 Kegiatan ini dibuka secara simbolik oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Bapak Dr. H. Atiqullah, M.Pd. dengan membaca ummu al-Qur’an, berharap acara kuliah tamu dapat berjalan dengan lancar, sukses serta memberi manfaat bagi semua mahasiswa Prodi PAI semester V khususnya yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini.


 Narasumber, Bapak H. Moh. Faizin, M.Pd.I menyampaikan materinya secara interaktif sehingga disambut dengan sangat antusias oleh para uadiens. Di tengah-tengah pemateri menjelaskan materinya sesuai dengan slide yang ditampilkan, pemateri sering mengucapkan “Salam PAI” pada semua mahasiswa, lalu secara serentak mahasiswa menjawab “Matang, mantap, maknyus”, diiringi tepukan tangan yang meriah.


 Dalam mengakhiri penyampaian materinya, Bapak H. Moh. Faizin, M.Pd.I menegaskan perihal empat kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru ialah kompetensi paedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Empat kompetensi itu memiliki ranah yang berbeda, tetapi mengarah pada satu tujuan, yaitu terwujudnya peserta didik yang berkualitas baik ilmu maupun amalnya. Sementara nilai-nilai pendidikan profetik meliputi liberasi, humanisasi dan transendensi.


 Mahasiswa semester V terlihat semangat mengikuti dan menyimak penyampaian materi dari Bapak H. Moh. Faizin, M.Pd.I, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang hadir serta antusias mereka dalam berpartisipasi aktif baik bertanya maupun menjawab pertanyaan dari pemateri. Mahasiswa Prodi PAI semester V terdiri dari empat kelas (A, B, C dan D). Masing-masing dari kelas tersebut menunjukkan keaktifannya dengan mengacungkan tangan saat moderator (Bapak Abd. Mannan, M.Pd) memberikan kesempatan bagi mereka untuk bertanya.


 Dengan dilaksanakannya kegiatan kuliah tamu ini, diharapkan mahasiswa bisa memiliki kompetensi yang baik terkait dengan profesinya nanti, yaitu sebagai guru agama. Karena mengingat tugas seorang guru cukup kompleks, artinya guru tidak hanya pandai mengajar tetapi dalam satu sisi ia harus tampil sebagai pribadi yang dapat digugu dan ditiru.Salam profetik!(Dawiyatun, M.Pd)

 

Hasil polling sementara

Bagaimana pendapat anda tentang web Fakultas Tarbiyah yang baru?

Sangat Bagus
50.0 %
Cukup Bagus
19.0 %
Cukup
7.1 %
Kurang
23.8 %
Pilih polling sekarang

Jun272019

Yudisium Semester Genap 2018/2019

07.30

Auditorium Utama IAIN Madura

Feb72019

Agu212019

  • Kamis, 13 April 2017
    Oleh : Dr. Siswanto , M.Pd.I
    Buku Pendidikan Islam dalam Dialektika Kehidupan
    Download
  • Kamis, 13 April 2017
    Oleh : Dr. Siswanto , M.Pd.I
    Buku Etika Profesi Guru PAI
    Download
  • Kamis, 13 April 2017
    Oleh : Dr. Siswanto , M.Pd.I
    Buku Dinamika Pendidikan Islam Perspektif Historis
    Download

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits 90277 Hits
Hari Ini 282
Kemarin 2185
Bulan Ini 12539
Tahun Ini 12539
Total 86392