• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fatar@iainmadura.ac.id

Program Studi PPG IAIN Madura Melakukan Benchmarking dan Penandatanganan MoU dengan IAIN Kediri







Pamekasan, Tepat pukul 03.00 pada Kamis 21 Juli 2022 dini hari, dekan Fakultas Tarbiyah, wakil dekan I, wakil dekan II, ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (prodi PPG), sekretaris prodi PPG, dan admin IT tengah berkumpul di halaman Fakultas Tarbiyah IAIN Madura. Rombongan prodi baru (prodi PPG) di Fakultas Tarbiyah IAIN Madura ini dengan didampingi dekanat tersebut hendak melakukan benchmarking ke prodi PPG IAIN Kediri selama 2 hari berdasar pada jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan ini digelar dalam rangka mempersiapkan prodi PPG Fakultas Tarbiyah yang dalam waktu dekat akan mulai beroperasi.


 


Sesampainya di IAIN Kediri sesuai waktu yang telah dijadwalkan, yakni pukul 09.00, team prodi PPG Fakultas Tarbiyah IAIN Madura dengan didampingi dekanat, disambut hangat oleh ketua program studi PPG IAIN Kediri, sekretaris prodi, admin IT, bendahara prodi, dekan, wakil dekan I, wakil dekan II, dan wakil dekan III. Setelah sedikit beramah-tamah, acara seremonial pun dimulai. Acara dibuka oleh ketua admin IT yang selanjutnya mempersilahkan dekan Fakultas Tarbiyah untuk memberikan sambutan. Selain menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya, Dr. Siswanto, M.Pd.I selaku Dekan Fakultas Tarbiyah juga menyampaikan alasan mengapa memilih IAIN Kediri (dalam hal ini prodi PPG) sebagai tempat benchmarking. Beliau menyatakan bahwa IAIN Kediri memiliki karakteristik yang hampir sama dengan IAIN Madura.


 


Selanjutnya Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd selaku dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri dalam sambutannya menyampaikan bahwa prodi PPG IAIN Madura sudah tepat memilih IAIN Kediri sebagai tempat benchmarking. Sambil tersenyum bahagia beliau menyampaikan bahwa selain memiliki karakteristik yang sama, prodi PPG IAIN Kediri diusianya yang masih belia (mulai dibuka tahun 2021) telah menorehkan prestasi. Prof. Munifah menyampaikan bahwa prodi PPG IAIN Kediri menjadi peringkat 3 (bersaing dengan Perguruan Tinggi Swasta dan PTKIN penyelenggara program PPG di Indonesia) dalam keberhasilannya meluluskan peserta/mahasiswa PPG.


 


Usai acara seremonial, ketua program studi PPG IAIN Kediri memulai sharing ilmu dan pengalaman. Pada sesi ini, acara diseting lebih luwes dan akrab dengan tanya jawab langsung. Dr. Abd. Mukhid, M.Pd selaku ketua program studi PPG IAIN Madura beserta team, dan dekanat sangat memaksimalkan kesempatan ini dengan menyampaikan semua pertanyaan untuk keperluan berjalannya serta keberhasilan prodi PPG di Fakultas Tarbiyah IAIN Madura nanti. Selain sesi sharing ilmu di dalam forum, juga ada demonstrasi aplikasi web dan survey lingkungan kantor/ruang prodi PPG yang dilakukan di luar forum. Ketua program studi PPG Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri juga membeberkan tips dan trik kesuksesannya dalam meluluskan peserta/mahasiswa PPG, sehingga meraih peringkat ketiga nasional diusianya yang masih belia.


 


Pada hari kedua (Jum’at 22 Juli 2022) dilakukan diskusi mendalam pada masing-masing bidang. Para penanggung jawab melakukan review, pendalaman, serta internalisasi tugas, ilmu, dan pengalaman dari prodi PPG Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri secara lebih serius lagi. Kegitan ini kemudian diakhiri dengan penandatangan MoU antara IAIN Kediri dan IAIN Madura. MoU pertama ditandatangani oleh masing-masing Dekan Fakultas Tarbiyah, sedangkan MoU yang kedua ditandatangani oleh masing-masing ketua program studi PPG. Dengan kegiatan benchmarking ini, prodi PPG Fakultas Tarbiyah IAIN Madura optimis mampu menjalankan amanah menyelenggarakan program pendidikan profesi guru secara profesional dan dengan sebaik-baiknya.



 

Hasil polling sementara

Bagaimana pendapat anda tentang web Fakultas Tarbiyah yang baru?

Sangat Bagus
51.8 %
Cukup Bagus
21.9 %
Cukup
9.7 %
Kurang
16.6 %
Pilih polling sekarang

Jun272019

Yudisium Semester Genap 2018/2019

07.30

Auditorium Utama IAIN Madura

Feb72019

Agu212019

  • Kamis, 13 April 2017
    Oleh : Dr. Siswanto , M.Pd.I
    Buku Pendidikan Islam dalam Dialektika Kehidupan
    Download
  • Kamis, 13 April 2017
    Oleh : Dr. Siswanto , M.Pd.I
    Buku Etika Profesi Guru PAI
    Download
  • Kamis, 13 April 2017
    Oleh : Dr. Siswanto , M.Pd.I
    Buku Dinamika Pendidikan Islam Perspektif Historis
    Download

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits 264288 Hits
Hari Ini 44
Kemarin 679
Bulan Ini 723
Tahun Ini 182292
Total 1057097