Tujuan:
- Terwujudnya pendidikan dan pembelajaran holistik religius dan kompetitif berbasis nilai kearifan profetik dalam menghasilkan; pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki keunggulan kompetensi (fathonah), tingkat kejujuran (amanah) dan trustworthy yang tinggi, kemampuan membangun jariangan dan kesefahaman (tabligh) yang kuat, serta ketangguhan personal dan integritas (shiddiq) yang dapat diandalkan.
- Terwujudnya penelitian pendidikan dan kependidikan secara komprehensif religius dan kompetitif berbasis nilai kearifan profetik menghasilkan; karya ilmu pengetahuan, tehnologi pendidikan yang bermanfaat bagi perkembangan kemajuan pendidikan Islam,
- Terwujudnya program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat secara integratif berbasis nilai kearifan profetik menghasilkan; karya pengabdian munomental yang dapat bermanfaat bagi berkembangya masyarakat Islam dan lembaga pendidikan dan Pesantren yang maju, religius dan kopetitf,
- Terwujudnya fakultas yang akuntabel dalam pengelolaan administrasi, manajerial dan kepemimpinan secara religius dan kompetitif berbasis nilai kearifan profetik menghasilkan budaya organisasi, budaya kerja, manajemen dan kepemimpinan yang visioner yang mampu melayani secara prima.
Strategi:
- Membangun mutu layanan dalam pendidikan dan pembelajaran secara profetik, religius dan kompetitif dengan menerapkan dan pembudayaan kearifan keislaman, keindonesiaan dan kemaduraan, menghargai ilmu pengetahuan, menggali dan mengembangkan potensi SDM yang ada, serta penguasaan teknologi dan informasi,
- Membudayakan penelitian dan pengkajian seara profetik, religius dan kompetitif dengan menerapkan PTK, PAR, CBPR, penelitian hermeniutika, penelitian gender, dan kajian tafsir maudhu’i, serta metodhologi moderen lainnya yang dapat menemukan ilmu baru dalam pengetahuan, teknologi, seni, dan keagamaan,
- Menggalakkan pengabdian kepada masyarakat secara profetik, religius dan kompetitif dengan menerapkan pola jaringan dan kemitraan yang kuat dengan berbagai sektor masyarakat pendidikan, stakeholder, perusahaan, pesantren dan lembaga keagamaan lainnya.
- Menguatamakan sistem layanan organisasi moderen secara profetik, religious dan kompetitif dengan menerapkan manajemen dan kepemimpinan yang kuat (strong leadership) serta sistem informasi manajemen pendidikan tinggi (SIMPT) yang futuristic dan mengadabtasi era industrial 4.0.