Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fatar@iainmadura.ac.id

FGD Penguatan Kapasitas UPM& GPM Dalam Penulisan LED dan LKPS

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Tarbiyah
  • Selasa, 2 Juli 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan, 02 Juli 2024 – Fakultas Tarbiyah sukses menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Penguatan SDM pada Kapasitas Gugus Penjamin Mutu dan Unit Penjamin Mutu dalam Penulisan Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKP)." Acara yang berlangsung di Hotel Odaita Pamekasan ini menghadirkan narasumber terkemuka, yakni Yusuf Nalim, M.Si, akademisi dari UIN Gus Dur Pekalongan, dan juga praktisi dari BestQ. Dimulai pukul 09.00 WIB, kegiatan ini dibuka oleh Rektor IAIN Madura yang menekankan pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam penjaminan mutu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di fakultas tersebut.

Dalam sesi pertama, Yusuf Nalim, M.Si memaparkan pentingnya penulisan LED dan LKP sebagai bagian dari proses penjaminan mutu dengan menjelaskan standar-standar yang harus dipenuhi, teknik pengumpulan data yang efektif, serta penggunaan data untuk evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Narasumber yang sekaligus  praktisi dari BestQ memberikan wawasan praktis mengenai implementasi penjaminan mutu di institusi pendidikan, membahas penyusunan dokumen penjaminan mutu, evaluasi dan monitoring kinerja program studi, serta strategi peningkatan mutu berkelanjutan. Setelah penyampaian materi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan dan mempraktikkan penulisan LED dan LKP sesuai pedoman yang telah disampaikan. Diskusi interaktif ini dipandu oleh narasumber dan fasilitator dari Fakultas Tarbiyah, menciptakan suasana belajar yang aktif dan kolaboratif. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab yang penuh antusiasme dari para peserta.

Dekan Fakultas Tarbiyah Prof. Dr. Siswanto, M.Pd.I memberikan apresiasi kepada peserta atas partisipasi aktif mereka dan berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif dalam peningkatan kualitas penjaminan mutu di fakultas. Kegiatan FGD ini dinilai berhasil dalam memberikan pemahaman mendalam tentang penulisan LED dan LKP serta memperkuat kapasitas SDM dalam penjaminan mutu. Partisipasi aktif peserta menunjukkan komitmen tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Tarbiyah. Diharapkan, melalui kegiatan seperti ini, Fakultas Tarbiyah dapat terus meningkatkan kualitas dan akreditasi program studi, serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan. [Sir_Wd1].