Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

fatar@iainmadura.ac.id

FGD Pendampingan Pengisian dan Penilaian Instrumen LAMDIK untuk SDM Fakultas Tarbiyah

  • Diposting Oleh Admin Web Fakultas Tarbiyah
  • Rabu, 3 Juli 2024
  • Bagikan ke

Fakultas Tarbiyah mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertema "Pendampingan Pengisian dan Penilaian Instrumen LAMDIK bagi SDM Fakultas Tarbiyah." Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para dosen serta tenaga kependidikan dalam mengisi dan menilai instrumen akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Odaita Pamekasan ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di lingkungan fakultas. Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd, membuka acara pada pukul 09.00 WIB dengan menyampaikan sambutan yang menekankan pentingnya penguasaan instrumen LAMDIK sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu dan akreditasi program studi di fakultas.

Dalam FGD ini, para peserta mendapatkan pendampingan langsung dari ahli penjaminan mutu dan akreditasi, Yusuf Nalim, M.Si, Akademisi dan praktisi BestQ. Para peserta diberikan materi tentang cara pengisian instrumen LAMDIK yang sesuai dengan standar, serta metode penilaian yang akurat dan efektif. Sesi pertama dimulai dengan penjelasan tentang pentingnya instrumen LAMDIK dalam proses akreditasi oleh narasumber ahli. Beliau menjelaskan berbagai komponen yang terdapat dalam instrumen tersebut serta memberikan contoh kasus yang relevan untuk memudahkan pemahaman.

Sesi kedua berfokus pada praktik pengisian instrumen oleh para peserta. Dalam sesi ini, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kerja untuk mengisi instrumen LAMDIK secara langsung, dengan bimbingan dari narasumber dan fasilitator. Pendekatan praktik langsung ini memungkinkan peserta untuk menerapkan pengetahuan yang telah mereka peroleh selama sesi teori dan meningkatkan keterampilan mereka dalam pengisian instrumen akreditasi.

Selain itu, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan penilaian instrumen yang telah diisi oleh kelompok lain. Sesi ini dirancang untuk melatih kemampuan evaluasi dan memberikan umpan balik konstruktif, sehingga peserta dapat memahami aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengisian dan penilaian instrumen LAMDIK.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber terkait berbagai isu dan tantangan yang mereka hadapi dalam pengisian dan penilaian instrumen LAMDIK. Dekan Fakultas Tarbiyah Prof. Dr. Siswanto, M.Pd.I mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif semua peserta dan berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas dan akreditasi program studi di Fakultas Tarbiyah.

Dengan adanya kegiatan FGD ini, Fakultas Tarbiyah berharap dapat terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM dalam mengisi dan menilai instrumen LAMDIK, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di fakultas. [Sir_WD1].